12.3.08

Fungsional Ramah Lingkungan


Pamer Kemampuan dan Konsep di Geneva International Motor Show 2008
Geneva International Motor Show tahun ini memamerkan beragam rancangan mobil. Tidak hanya merilis konsep, konvensi ini juga memajang kendaraan dengan kelebihan khusus. Ada mobil yang bisa dikendarai di medan salju, atau kendaraan dengan revolusi pintu yang tidak biasa.
Berikut beberapa diantaranya.

Saab 9-X BioHybrid
Tren kendaraan berbahan bakar ramah lingkungan kini memang sedang marak. Saab automobile salah satunya. Perusahaan otomotif asal Swedia ini mengeluarkan Saab 9-X BioHybrid.

Desain Saab 9-X BioHybrid terinspirasi mobil Aero X coupé concept. Selain desain, sumber tenaga juga dibuat sama. Menggunakan baterai. Meski menggunakan energi baterai, Saab 9-X BioHybrid mampu menyuguhkan kekuatan maksimal. Mobil ini mampu menghasilkan kekuatan hingga 200hp (147 kW). Mesinnya menggunakan kapasitas 1,4 liter Biopower engine.

Mobil dengan sistem enam transmisi ini menggunakan sistem injeksi pada bagian pengapian. Sistem ini dklaim mampu menghemat bahan bakar. Untuk pengisian energi baterai, bisa langsung memanfaatkan energi matahari. Caranya, tinggal membuka atap kaca mobil.

Pada bagian interior, berbagai fitur mewah disuguhkan. Di dalam kabin yang menampung empat jok ini, disediakan sistem keamanan dan hiburan serba terkomputerisasi. Terdapat panel instruksi dan 5 display screens illuminated yang berfungsi untuk memonitor fungsi kamera didepan mobil.

Kamera itu berfungsi mengontrol secara otomatis sistem headlight yang digunakan untuk Lane Departure Warning (LDW). Sistem ini juga bisa alarm ketika mobil keluar dari marka jalan. Kendaraan ini juga terdapat Konektifitas Wi-Fi dan Bluetooth.


Megane Coupe Concept
Pintu mobil telah banyak mengalami evolusi. Sampai sekarang, sudah ada empat macam yang populer di dunia otomotif. Yaitu jenis gullwing, scissor, suicidce, dan butterfly. Sekarang, Renault akan menambahkan lagi satu jenis. Yaitu bentuk Dragonfly Wing. Bentuk ini di aplikaskan pabrikan asal Prancis tersebut pada Megane Coupe Concept terbaru.

Renault memang ingin mencerminkan sisi futuristik Megane Coupe dengan Dragonfly Wing. Desain ini berpadu dengan rancangan kabin yang stylish dan elegan. Disedikan empat kursi duduk dengan rancangan dan bahan berkualitas.

Megane Coupe Concept mempunyai kekuatan pacu hingga 200 hp. Kendaraan ini dilengkapi dengan gearbox enam percepatan. Juga ada The 2.0 Turbo unit yang bisa menggenjot kecepatan dari 0 hingga 62 mph hanya dalam waktu 7,2 detik.

Meski punya kecepatan mumpuni, bahan bakar mobil ini tergolong hemat. Untuk menempuh 100 km, hanya membutuhkan 6,5 liter. Untuk bagian ban, Megane Coupe menggunakan ban Michelin Pilot Sport.

Fasilitas ini semakin membuat mobil ini semakin nyaman dikendarai. Bisa dibilang, Megane Coupe menggabungkan sisi sporty pada bentuk luar, dan elegan untuk kabin.


Spyker C8 aileron
Kecepatan adalah salah satu pesona dari suatu mobil. Spyker Cars, perusahaan motosport asal Belanda mencoba mewujudkan itu dalam Spyker C8 aileron. Kendaraan generasi kedua C-line sport car ini dklaim memiliki kecepatan tinggi.

Seluruh tubuhnya, terbuat dari bahan-bahan aluminium. Lekukan-lekukan dan garis tengah pada tubuhnya, membuat tampilan mobil tampak sporty. Dengan tambahan grill, membuat moncong Spyker C8 tampak lebih garang. Bodinya yang aerodinamis, semakin diperkuat dengan splitter, pemecah angin yang terletak disamping dan atap mobil.

Di urusan dapur pacu, Spyker C8 aileron memiliki kapasitas mesin 4,2 liter V8. Dengan sistem mesin seperti itu, sebesar 400BHP dapat dihasilkan. Mobil sport dengan enam transmisi ini disediakan dalam dua versi. Ada yang manual maupun matic dengan pilihan warna aluminium.

Karena tergolong sporty car, hanya tersedia dua pintu dengan model bukaan gullwing. Pada bagian kaki-kaki, terdapat velg racing sebesar 19 inci. Warna silver aluminium untuk body semakin terlihat tampan dengan kehadiran warna kontras pada kaki-kaki. Karena menggunakan 10 blade rotor, kendaraan ini biasa dipanggil dengan Rotorblade.

Berganti pada bagian interior. Penumpang akan dimanjakan dengan berbagai peranti balap yang terletak pada dasbor. Nuansa merah dengan lapisan kulit yang di bekleed pada seluruh kabin, membuat nuansa bersih dan hangat.


Infiniti EX37 Luxury Coupe
Mobil ini merupakan campuran desain aliran lama crossover Infiniti FX luxury sports crossover dan Infiniti G37 Coupé models itu. Selain bentuk aerodinamis dan pantas untuk mobil keluarga, kualitas dapur pacu yang mumpuni juga diberikan. Infiniti EX37 luxury coupe crossover ini dilengkapi dengan kapasitas mesin 3,7 liter. Model mesin twin cam V6 ini dapat menghasilkan tenaga hingga 300 kali tenaga kuda dengan torsi 350 Nm.

Banyak fitur-fitur canggih pada system komputerisasi mobil ini. Antaranya, Dual Flow Path (DFP) yang berfungsi untuk mengurangi getar atau traksi agar akselerasi mobil lebih besar. Selain itu terdapat juga sistem ATTESA E-TS (Advanced Total Traction Engineering System for All Electronic Torque Split), sensor Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake force Distribution (EBD) dan Brake Assist (BA).

Untuk fitur hiburannnya, Infiniti EX37 luxury coupe crossover menyediakan privacy glass, a six-disc, seven speaker CD audio system, Bluetooth mobile phone connectivity, auto-dimming rear view mirror, automatic lights dan wipers, serta six airbags. Mobil 7 transmisi ini tersedia versi normal ataupun matic. Tangkinya, cukup untuk menampung sebanyak 45 liter bahan bakar. Rencananya, mobil ini akan dijual di Eropa pada akhir 2008 nanti.


MILA Alpin
Mobil penjelajah 4WD haruslah punya ban yang ekstrabesar. Tunggu dulu, anggapan itu akan sirna dari pikiran anda setelah melihat konsep mobil offroad yang dibesut oleh perusahaan mobil Magna Steyr.

Dengan nama resmi MILA Alpin, banyak keunggulan yang ditawarkan oleh kendaraan yang satu ini. Pertama, dengan suspensi ciamik layaknya mobil penjelajah, maka kendaraan ini aman dipakai melahap medan berbahaya. Catatan khusus, mobil yang memiliki kapasitas empat jok ini dilengkapi sistem suspensi yang dapat dikunci ketika melaju ditanjakan agar tidak terguling.

Sudut paling ekstrem yang bisa dilewati mobil ini adalah 45 derajat. Layak jika anda memberikan tepuk tangan!

Selain menyandang gelar sebagai mobil kuat, status ramah lingkungan juga melekat di kendaraan ini. Gas buang berupa karbon dioksida mampu ditekan sampai 100 gram perkilometer. Itu artinya, mobil ini tidak akan membawa dampak bahaya bagi lingkungan. Ya, mobil penjelajah lingkungan yang juga ramah lingkungan.


Tidak ada komentar: