12.3.08

Chelsea v Derby C.


LONDON - Chelsea sudah kehilangan dua trofi juara yang diraih musim lalu. Mahkota Carling Cup dicopot rival satu kota Tottenham Hotspur di final. Yang tragis, The Blues (sebutan Chelsea) harus kehilangan Piala FA setelah dipecundangi tim Championship, Barnsley, di fase perempat final.

So, jika menghitung peluang tersisa, kans Chelsea untuk meraih trofi juara musim ini tinggal bertumpu di Liga Champions dan Premier League. Di Liga Champions, pasukan Avram Grant tersebut menjejakkan kakinya di perempat final. Sedangkan di Premier League, Chelsea masih terpaku di peringkat ketiga di bawah Arsenal dan Manchester United.

Dengan mengantongi 58 poin dari 27 laga, kans The Blues untuk meraih gelar Premier League masih terbuka kendati sangat berat. Dini hari nanti, John Terry dkk punya peluang menambah tiga poin saat menjamu Derby County di Stamford Bridge (siaran langsung Star Sports-Astro pukul 03.00 WIB).

"Kami sudah kehilangan Carling Cup dan Piala FA. Kami sekarang fokus ke Premier League dan Liga Champions. Di sanalah nasib saya sebagai pelatih bergantung. Jadi, tidak ada jalan lain. Kami harus menang," kata Avram Grant, manajer Chelsea, seperti dilansir The Sun.

Memang, laga itu wajib dimenangkan pasukan berkostum biru-biru tersebut. Jika menang, mereka bisa memperkecil ketinggalan angka dari Arsenal yang masih memimpin klasemen dengan 66 poin dari 29 laga. Sedangkan United membayangi di peringkat kedua dengan 64 poin dari 28 laga.

Namun, Chelsea punya keuntungan tersendiri di sisa laga. Mereka masih akan memainkan laga melawan Arsenal dan United, di Stamford Bridge. Yang perlu diingat, Chelsea punya rekor luar biasa di partai kandangnya.

Jawara Premier League musim 2004/2005 dan 2005/2006 tersebut tidak terkalahkan di 76 laga kandangnya (semua ajang). Itu adalah rekor yang ada di jagat persepakbolaan Inggris. Rekor tak terkalahkan di kandang sebelumnya dipegang Liverpool yang tak tersentuh kekalahan hingga 63 pertandingan secara beruntun di Anfield Stadium. Rekor tersebut dipatahkan Chelsea pada 12 Agustus 2007.

Di atas kertas, bukan pekerjaan sulit bagi Chelsea untuk menumpas Derby County pada matchday ke-28 dini hari nanti. Selain berbekal rekor kandang yang luar biasa, Derby saat ini berstatus juru kunci klasemen.

Hingga laga ke-28, Derby baru sekali memetik kemenangan. Dari 14 laga away-nya, The Rams (julukan Derby) tak sekali pun menang (3 kali seri 11 kali kalah).

Menjamu Derby, Grant punya skuad lengkap kecuali kiper Petr Cech yang masih cedera. Setelah menuai kekecewaan di Piala FA, Chelsea ingin menjadikan Derby sebagai ajang pelampiasan John Terry dkk. Banjir gol? Sangat mungkin seperti itu.

Sadar tim besutannya bukan lawan sepadan bagi Chelsea, manajer Derby Paul Jewell enggan bicara banyak tentang pertandingan. Tapi, Jewell memilih "menyerang" Avram Grant. "Saya kira, Grant akan tetap dipecat di akhir musim ini meski bisa mempersembahkan gelar juara. Masalah utamanya adalah dia tidak punya nama besar," kata Jewell seperti dilansir Mirror. (ali/aww)

Tidak ada komentar: